Selasa, 29 Desember 2009

Meningkatkan Self Esteem


Self esteem (harga diri) merupakan istilah yang digunakan dalam psikologi untuk mencerminkan seseorang dengan dimensi evaluasi yang menyeluruh dari diri. Harga diri meliputi keyakinan dan emosi. Jadi, self esteem dapat diartikan sebagai suatu perasaan dimana seseorang merasa bahwa dirinya berharga dan merasa bangga terhadap dirinya atau dapat dikatakan seberapa besar kita menyukai diri kita sendiri. Semakin kita menyukai diri kita sendiri, maka tingkat self esteem kita akan tinggi. Self esteem yang tinggi itulah yang akan mendorong diri kita, hubungan kita dengan orang lain, dan tingkat kepercayaan diri kita.

Self Esteem pada Anak-anak

Self esteem seseorang sangat dipengaruhi oleh kehidupan pada masa kanak-kanaknya. Oleh sebab itu, anak harus dilatih untuk meningkatkan self esteem dalam berinteraksi dengan lingkungannya dengan cara mengajarkan kepada anak untuk memberi salam kepada setiap orang yang ditemuinya sambil tersenyum dan melakukan eye contact, selalu memberikan apresiasi terhadap prestasi yang dilakukan anak dengan cara memberi hadiah sekecil apapun prestasi yang dilakukannya, ajarkan anak untuk tidak selalu mencari perhatian terhadap orang disekitarnya, latih anak untuk lebih sering berbicara dan berpikir positif serta tidak sering mengeluh, beri pengertian kapada anak untuk dapat menerima kesalahan dan penolakan, ajarkan kepada anak untuk melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar lebih baik lagi, ingatkan anak pada keberhasilannya agar anak merasa bangga terhadap dirinya, dan latih anak untuk mengelola emosinya dengan lebih baik.

Cara Meningkatkan Self Esteem

  1. Examine Your True Value

Yakinkanlah pada diri anda bahwa anda adalah “unik” dari karya yang agung sang Pencipta. Tampillah dengan tampilan terbaik anda setiap hari, jika anda mulai menghargai dan mengagumi diri anda, maka orang lain akan melakukan hal yang sama.

  1. Do Not Compare to Others

Konsep kesuksesan bukanlah dengan membandingkan prestasi orang lain dengan prestasi kita, tetapi membandingkannya dengan pencapaian kita yang sebelumnya. Tentukanlah apa yang berharga dan janganlah mengukur kesuksesan anda dengan pengukur kesuksesan orang lain.

  1. Re-Programming Your Mind

Sikap dan tindakan seseorang dapat berubah sejalan dengan informasi yang diterima ke dalam pikirannya. Jadi, bagaimana anda dapat mengarahkan pikiran anda akan sangat berguna untuk meningkatkan citra diri anda dan juga akan membawa anda pada kesuksesan yang lebih tinggi.

  1. Creating Positive Environment

Jangan membiarkan orang lain yang menentukan pendapat anda terhadap diri anda sendiri. Kebahagiaan seseorang dapat terwujud ketika ia melakukan hal-hal yang membuat citra dirinya positif. Jadi, anda lah yang harus memegang kendali citra diri positif anda.

  1. Always Remember Your Past Success

Ingatlah kesuksesan anda di masa lalu yang dapat membuat anda merasa bangga, gunakan kesuksesan itu sebagai batu lompatan untuk mencapai kesuksesan yang berikutnya.

  1. Talk Positive to Yourself

Afirmasi positif terbukti dapat meningkatkan semangat dan citra diri seseorang, contohnya seseorang dapat menggunakan kata-kata positif buatannya sendiri seperti “saya pasti bisa”.

  1. Action

Self esteem yang tinggi tidak akan didapatkan jika anda menghindar dari setiap tantangan yanga ada dalam hidup anda. Untuk memperoleh self esteem yang tinggi tidak hanya cukup dengan berkata-kata positif pada diri anda, tetapi anda harus mengambil tindakan, hadapi ketakutan akan kegagalan, dengan demikian rasa percaya diri akan tumbuh dan citra diri positif akan muncul dalam diri anda sehingga anda akan memperoleh self esteem yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar